Apa Saja Sih Penyebab Ruam Kulit Pada Anak? Yuk Kenali Penyebabnya

Bristool – Ruam kulit pada anak merupakan sebuah reaksi kulit yang disebabkan oleh banyak hal seperti iritasi kulit, reaksi obat, infeksi ataupun alergi. Disebabkan oleh pemicu yang berbeda membuat ruam ini tampak hamper serupa karena kulit kita mempunyai sejumlah kemungkinan respon. Ketika anak anda menderita ruam kulit maka lihat penampilan dan lokasi ruam tersebut karena hal itu mampu menjadi pertimbangan untuk mengukur seberapa berbahaya ruam dan bagaimana penanganannya. Sebagai orang tua anda bisa lebih jeli ketika anak anda menderita ruam kulit.

Ruam kulit pada anak ini juga dapat di sebabkan oleh virus yang tidak membahayakan anak anda dan akan hilang dengan seiringnya waktu pengobatan akan tetapi ada juga ruam kulit yang mempunyai penyebab serius dan bahkan mengancam jiwa anak anda. Ada beberapa penyebab dari ruam pada anak seperti cacar air, eksim, erythema multiforme, impetigo, keratosisi pilaris, campak, moluskum, kontagiosum, pitriasusu rosea, biang keringat, psoriasis, kurap, kudis, demam berdarah dan gatal – gatal.

ruam kulit pada anak

Penyebab ruam kulit pada anak anda

Ketika anak mengalami ruam ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengobatinya sendiri di rumah. Akan tetapi sebelum mengobati anda harus tau penyebab dari ruam dan jenisnya. Penting juga untuk mengetahui bagaimana anak mendapatkan ruam tersebut.

Pastikan anda sebagai orang tua mengetahui apakah anak sedang sakit, alergi terhadap sesuatu, bersentuhan dengan sesuatu yang mengiritasi kulit seperti sabun, bahan kimia, perhiasan, tumbuhan ataupun hewan. Pada bayi biasanya juga mengalami ruam popok apabila bahan yang digunakan pada popok tidak sesuai ataupun ketika anda mengenakan popok terlalu lama sehingga membuat area yang tertutup popok tersebut menjadi lecet.

Pentingnya menjaga kebersihan kulit

Ketika anak anda menderita ruam kulit pada anakmaka sebagai orang tua anda jangan panic. Anda dapat menggunakan sabun yang lembut untuk mencuci ruam anak tersebut dengan lembut di air hangat. Sangat hindari menggososk yang dapat membuat iritasi lebih lanjut. Ketika selesai mandi tepuk – tepuk kulit dengan handuk secara perlahan. Biarkan ruam terbuka jangan di tutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *