Hindari! 4 Pantangan Makanan Saat Anak Diare 

Author:

Bristool – Diare sering terjadi pada anak-anak karena masa ini usus belum berfungsi secara optimal. Selain itu, usia anak-anak sedang aktif mengeksplor banyak hal. Sehingga orang tua harus lebih awas dalam mengontrol aktivitas anak. Termasuk makanan yang dikonsumsi saat anak sedang diare. Pahami beberapa pantangan makanan saat anak diare.

makanan saat anak diare

1. Makanan Berlemak dan Berminyak

Makanan berminyak dan berlemak lebih lama dicerna sehingga memperlambat pengosongan lambung. Lambung menjadi susah menyerap nutrisi makanan dan lebih sering menimbulkan angin. Kandungan lemak dan minyak pada makanan dapat menyebabkan otot di usus menegang. Kondisi usus yang menegang dapat memperparah diare.

2. Sayuran Banyak Mengandung Gas

Hindari sayuran yang banyak mengandung gas agar perut tidak kembung dan tidak sering kentut. Jenis sayuran yang tinggi kandungan gas seperti brokoli, buncis, jagung, sayuran daun hijau, kacang polong, kembang kol dan lainnya. Sedangkan buah yang mengandung gas tinggi yaitu anggur, nanas, ceri serta buah ara. Konsumsi sayuran rendah serat seperti wortel, kacang hijau dan asparagus.

3. Makanan Pedas

Pedas yang berasal dari cabai  dapat memperparah rasa mual  saat makan. Selain itu zat capsaicin di cabai dapat menyebabkan iritasi pada usus dan lambung. Terganggunya fungsi dari usus yang menyebabkan diare semakin lama sembuh. Iritasi pada usus menyebabkan penyerapan sari-sari makanan di usus terjadi tidak optimal.

4. Produk Olahan Susu

Hindari makanan yang berasal dari produk olahan susu karena kandungan gula dalam susu. Usus sulit memproduksi enzim lactase yang digunakan untuk mencerna laktosa atau kandungan gula dalam susu. Sehingga  produk olahan susu hanya akan terbuang bersama feses karena usus tidak dapat mencerna nutrisinya. Namun produk olahan susu berupa Yoghurt tetap bisa dikonsumsi. Adanya kandungan bakteri probiotik yang membantu mengembalikan fungsi dari usus.

Itulah jenis-jenis pantangan makanan saat anak diare. Hindari juga makanan yang paling disukai anak kecil yaitu makanan yang mengandung pemanis buatan. Kandungan sorbitol bisa mengakibatkan perut kembung. Pemanis buatan sering ditemukan pada permen, minuman-minuman kemasan, cokelat. Ganti pemanis buatan dengan makanan yang terbuat dari buah-buahan serat rendah seperti apel dan pisang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.